January 27, 2012

Vatican, Negara Terkecil Dan Paling Berpengaruh Di Dunia


Vatican City, Negara Terkecil di Dunia
Dari 196 negara yang ada di dunia, Vatican City merupakan negara terkecil di dunia dengan luas hanya 44 hektar (110 are) atau hampir dua kali lipat Istana Bogor. Bahkan nih kalau kita melihat Vatican City dari atas, seluruh negaranya dapat langsung terlihat lho. Negara ini juga memiliki jumlah penduduk  yang paling sedikit di dunia, yaitu hanya sebanyak 890 orang. Wah kalau di Indonesia mungkin hanya RW ya.

Negara ini didirikan pada 11 Februari 1929 dan merupakan enklave (daerah kantung) Italia. Enklave artinya sebuah negara yang ada di tengah daerah negara lain.  Soalnya Vatican City berada di bukit Vatikan yang ada di sebelah barat Roma, ibu kota Italia.
Kok Vatican City bisa ada di tengah negara lain? Soalnya menurut sejarah ada sedikit sengketa masalah kekuasaan Paus pada waktu itu, namun akhirnya Sekertaris Kardinal Pietro Gasparri dan Perdana Menteri Italia, Benito Mussolini, menandatangani perjanjian Lateran untuk pengakuan berdirinya negara Vatican City. Tidak lama kemudian, Vatican City menjadi pusat keagamaan umat Katolik Roma dunia.
Kepala negara Vatican City itu unik lho. Mereka tidak mempunyai Raja meskipun bentuk pemerintahannya adalah kerajaan. Yang mereka punya adalah Paus yang juga pemimpin umat Katolik Roma dunia. Paus dipilih dari salah satu dari dewan kardinal dari 21 negara yang mempunyai hak suara. Dan begitu terpilih, seorang Paus harus memangku jabatan tersebut hingga akhir hayatnya. Nah, Paus yang memimpin Vatican City sekarang adalah Paus Benedictus XVI.

(ini benderanya)
INFOMANIER.blogspot.com

No comments:

Post a Comment