October 13, 2013

15 Lokasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi



Sumatera utara merupakan provinsi kedua paling timur di Indonesia dan juga merupakan provinsi paling padat penduduknya di luar pulau jawa. Kemajuan Sumatera utara semakin terlihat dengan berbagai gedung tinggi yang mulai berdiri di ibu kota medan dan juga di dukung dengan bandara udara terbarunya, kuala namu, yang merupakan terbesar kedua di Indonesia dan satu-satunya yang di fasilitasi kereta api kereta api menuju CBD.


Sumatera utara tidak hanya unggul di bidang perekonomian, namun terdapat berbagai tempat wisata yang menarik di kunjungi dengan di dukung fenoma-fenoma alam yang unik dan bangunan bersejarah yang telah berdiri ratusan tahun.


Berikut 15 destinasi wisata di Sumatera utara yang harus di kunjungi :

1. Istana Maimun




Istana Maimun merupakan istana peninggalan Kerajaan Deli yang berkuasa 316 tahun. Lokasi Istana Maimun berada di Jl. Brig. Katamso Kel. Sukaraja Kec. Medan Maimun, Medan, sangat mudah untuk dijangkau karena terdapat banyak transportasi umum dan terletak di tepi jalan raya Brig. Katamso sehingga mudah untuk di kunjungi.


Pengunjung dapat menikmati koleksi dari istana yang berasal dari Masa lalu namun masih utuh ada foto Sultan beserta sejarahnya, dan terdapat singgasana sultan yang mewah. Untuk menambah wawasan tentang Kerajaan Deli dan menikmati nuansa tempo dulu, Istana Maimun bisa jadi referensi untuk travelling dan menikmati hari libur hanya dengan membayar Rp5.000 saja

2. Masjid Raya Medan



Kalau ke Medan iconnya pasti Masjid Raya Medan, yang merupakan masjid yang megah dan besar yang merupakan rumah ibadah umat Islam. Tidak jauh dari Istana Maimun cukup berjalan kaki sekitar 200 meter. Nama lain dari Masjid Raya Medan ialah Masjia Raya Al Mashun yang berdiri pada tanggal 21 Agustus 1906 yang berbentuk octagonal dan memiliki kubah sebnayak lima buah dengan warna putih dan membawa kesan yang menakjubkan. Tempat ini sangat mudah dijangkau, masjid raya medan berlokasi di Jl. Sisingamangaraja Medan.

3. Danau Linting



Salah satu Danau unik yang bisa dikunjungi di sekitar Medan ialah Danau Linting yang meiliki warna hijau dan biru yang di kelilingi oleh batu cadas. Danau Linting terletak di Kec. STM Hulu desa Sibunga-bunga Hilir Kabupaten deli Serdang sekitar 2 jam dengan motor. Danau mungil yang memiliki nuansa mistis namun menyekkun karena disekelingnya terdapat pepohonan dengan akar yang panjang yang menambah suasa udara yang sejuk dan damai. Cocok untuk tempat refreshing.


4. Air Terjun Tongging



Air terjun yang majestic yang berada sekitar 135 km dari Brasatagi. Air terjun Tongging memiliki ketinggian 120 meter dan dekat dengan Gunung Sipiso-piso . Keindahan air terjun ditambah pemandangan Danau Toba yang indah serta matahari di air terjun menambah keindahan air terjun tongging yang indah. Bersiap-siap olah raga jika ingin pergi ke dasar air terjun tongging

Karena harus melewati 1000 anak tangga kira-kira setengah jam turun ke bawah memlalui tangga yang berliku-liku dengan jalan kaki. Air terjun Tongging sangat indah karena tak jauh dari tepian Danau Toba juga berada di tengah bukit yang disekelilingnya berwarna hijau oleh tumbuhan dan ada disekelilingnya lembah yang menakjubkan. Salah satu pariwisata yang wajib dikunjungi di daerah Sumatera Utara.

5. Sibayak



Kalau yang satu ini ialah destinasi pegunungan yang ada di sekitar Medan tepatnya di daerah Brastagi sekitar 2 jam dari Medan dengan bus. Sibayak merupakan gunung merapi yang disebut juga dengan Gunung Raja. Disekitar Gunung Sibayak bisa melihat perkampungan penduduk.




6. Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan



Sebuah taman penangkaran buaya.. iiih, ngeri bukan? Taman Buaya Asam Kumbang merupakan salah satu tempat yang harus dicoba dikunjungi jika sedang di Medan karena di taman buaya kita bisa melihat ribuan ekor buaya di rawa buatan dan juga di kolam-kolam yang umur buayanya variatif hingga umur 78 tahun. Lokasi taman buaya asam kumbang di Sunggal Medan dan sangat mudah untuk ditemukan karena banyak trasnportasi umum  serta biaya masuk taman buaya sunggla cukup membayar Rp5.000.



7. Rahmat Gallery



Pernah melihat hewan yang di awetkan dengan koleksi hewan dari berbagai mancanegara? Yup itu bisa dilihat di Rahmat Galleri Medan, sebuah museum pengawetan hewan yang terkenal dengan “wild museum”. Ketika aku dan sahabatku evlina kesini sangat kaget meilhat hewan-hewan yang diawetkan dan ditata dengan sebaik mungkin sehingga menambah wawasan tentang dunia satwa. Di Museum Rahmat terdapat koleksi hewan sebanyak 1000 jenis spesies. Lokasi Museum Satwa Internasional Rahmat di Jl. S. Parman Medan dengan harga tiket masuk rahmat galleri sebesar Rp25.000 untuk dewasa.



8. Kampung Keling/Kampung Madras Medan



Kampung Keling atau sekarang yang disebut dengan kampong Madras ialah nama sebuah tempat yanga da di Medan yang memiliki penduduk India yang besar. Tak jauh dari Sun Plaza Medan terdapat sebuah kuil yang unik berwarna kuning keemasan.



9. Air Terjun dan Telaga Dwi Warna Sibolangit



Sibolangit yang berjarak 2 jam dari Medan dengan motor atau bus merupakn tempat pegunungan yang sejuk dan penuh dengan tempat wisata yang menarik dan coock untuk travelling. Salah satunya ialah Telaga Dwi warna yang berada di dalam hutan Sibolangit. Disebut Dwi warna karena air terjun yang berada di telaga ini berwarna biru dan dingin dan tak jauh dari air terjun dingin terdapat air terjun yang hangat yang berwarna putih. 

Untuk sampai ke Telaga Dwi warna butuh waktu 3 jam perjalanan dengan jalan kaki menjelajah hutan dari taman wisata Sibolangit. Walaupun perjalanan panjang menuju tujuan sangat jauh, namun keindahan pemandangan akan menghilangkan rasa capek. Jika ingin berkunjung sebaiknya menyewa tour guide agar tidak tersesat di hutan. Tempat ini cocok untuk camping.



10.Bukit Lawang



Untuk wisata alam, cobalah Bukit Lawang yang berada di lokasi Taman Leuser yang terkenal dengan orang hutan. Kita bisa melihat orang hutan di bukit lawang, orang hutan di alam bebas yaitu di hutan atau hanya sekedar melihat feedings monkeys.Kebanyakan turis mancanegara singgah kesini dan mecoba menjelajah hutan liar Sumatera. Jarak bukit lawang dari Medan ialah 80 km dan menuju kesana melalui kota Binjai. Disekitar taman lauser ada sungai Bahorok dan sebuah jembatan yang besar dan daerah bisa merasakan suasa hutan dan pedesaan.


11.   Tangkahan



Tangkahan ialah salah satu tempat  wisata yang bisa untuk referensi jalan-jalan di Medan yang terkenal dengan Gajah Medan. Tangkahan banyak tempat yang bsia di jelajah seperti hutan liar, gua kalong, cubbing, treking gajah dan air terjun. Tangkahan merupakan salah satu eko wisata yang ada di Indonesia.


12.   Tjong Afie



Merupakan rumah tua yang merupakan peninggalan Tjong Afie  dengan desain perpaduan Tionghoa Melayu dan Eropa. Disini kita bisa menikmati sejarah kehidupan , mempelajari budaya perpaduan Melayu dan Tioghoa serta peningalan yang bersejarah baik itu lukisan, maupun perabotan rumah tangga keluarga Tjong Afie. Lokasi Tjong Afie terletak di Jl. Ahmad Yani Kesawan Medan dan mudah untuk ditempuh karena berdekatan dengan pusat kota.


13.   Danau Lau Kawar



Salah satu Danau mistis dan misterius lainnya yang terletak di Sumatera utara ialah Danau Lau Kawar yang berlokasi di Brastagi. Danau Lau Kawar berada di kaki Gunung Sinabung dan butuh 3 jam perjalanan dari Medan. Sangat cocok untuk camping dan disekelingnya pedesaan yang menakjubkan. Namun jangan coba-coba mandi karena dilarang mandi di Danau ini, konon katanya yang mandi di danau Law Kawar akan menghilang.


14.   Salju Panas Tinggi Raja



Salju panas? Aneh bukan? Tapi fenomena ala mini nyata loh! Salju panas tinggi raja berlokasi di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun sebuah objek wisata yang masih tersembunyi karena jalannya yang jelek dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Perjalanan dari salju panas dari Medan sekitar 3 jam. 

Salju panas ini adalah Pamukkalenya Indonesia, sebuah pegunungan sulfur dengan air panas yang berwarna biru dan gunung putih dan satu lagi gunung sulfuer berwarna hijau yang disekelilingnya ialah sungai. Bukit kapur yang indah dan menawan. Salju panas tinggi raja wajin di kunjungi oleh traveler mania


15.  Danau Toba


Danau toba adalah danau terbesar di Indonesia dengan luas 1.130 Km persegi dan dengan kedalaman 505 meter. Konon danau toba adalah gunung aktif vulkanik yang meledak 70.000 tahu yang lalu dan berpengaruh besar terhadap perubahan bentuk daratan di dunia. Selain itu, terdapat beberapa cerita menarik dari penduduk daerah setempat tentang danau toba yang terkenal. Saat ini lokasi danau toba telah dikelola menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wasatawan domestik dan manca negara. Uniknya, di tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang bernama pulau samosir.

Nah dari ke 15 wisata Medan diatas, apalah anda sudah pergi ke salah satunya?