June 6, 2012

San Marino, Negara Republik Tertua Didunia


San Marino negara ke 3 terkecil di dunia setelah Vatikan dan Monaco, merupakan negara republik tertua. Dikelilingi oleh negara Italia, ga perlu visa karena ga ada border pemeriksaan, ga bawa paspor juga ga masalah, tapi lebih baik bawa kartu identitas yang berlaku.


Ga punya stasiun kereta, ga punya bandara, jadi akses utama hanya kendaraan pribadi atau bus (4euro oneway) dari Rimini kota terdekat kira kira 1 jam. Naik bus dari halte seberang stasiun Rimini depan Burger King. Kalau dilihat secara umum ya ga berbeda dengan Itali, jadi lebih ke administrasi sifatnya. Bahasanya juga bahasa Itali, makanannya juga, sama deh, gua ga bisa nemu bedanya. Senengnya resto disini ga pakai pausa jadi buka terus nonstop.







Berhubung wiken jadi lumayan ramai piazza2nya. Spot wisata utama pastinya Guaita tower dan Cesta tower. Disini juga banyak museum beberapa bahkan gratis tiket masuk. Berhubung pusat kotanya kecil jadi ga sampai 2 jam udah kelar muterin tempat2nya. Kecuali kita mau masuk ke semua tower ya.




Piazza della Liberta


Basilica & Piazza Domus Plebis


Naik dulu sebelum menikmati 'breathtaking view' Guaita Tower (First)



Pemandangannya bagus, beruntung cuaca cerah, lucunya kalau di San Marino cerah tapi kota di bawah selama dua hari kabut dan mendung, pemandangan dari atas jadi seperti negeri dongeng karena ada awan awan putihnya.






Souvenir yg lumayan khas n beda dibanding tempat lain perangko, coin, n ga tau kenapa banyak senjata mulai dari yang modern, sampai busur panah. Yang unik juga kita bisa cap paspor kita di info turis cukup dengan 5 euro.





Cesta Tower (Second)



Super yummy


San Marino ini mengingatkan gua ke San Gimignano karena mirip sama sama di atas bukit dengan view yang oke banget. Cocok buat menghabiskan weekend ;))



INFOMANIER.blogspot.com


No comments:

Post a Comment